Selasa, 18 Juni 2013

TIPS MENGATASI SEMBELIT PADA BAYI



Rabu, 11 Januari 2013 - by : muharfamaulana@gmail.com

Frekwensi normal buang air besar setiap orang berbeda satu sama lain, mungkin antara tiga kali sehari sampai sekali setiap tiga hari. Orang yang susah buang air besar disebut menderita konstipasi bila buang air besar terhambat di luar kebiasaan. Konstipasi yang cukup hebat disebut juga dengan obstipasi. Dan obstipasi yang cukup parah dapat menyebabkan kanker usus yang berakibat fatal bagi penderitanya.

Umumnya susah buang air besar yang terjadi masih wajar dan bukan keadaan serius. Tapi, penderita harus bisa membedakan dari perubahan kebiasaan buang air besar yang mencolok dan terus menerus, yang mungkin merupakan salah satu tanda penyakit yang serius seperti kanker colon (usus besar).
GEJALA DAN PENYEBAB SUSAH BUANG AIR BESAR
Adapun gejala dari susah buang air besar tersebut adalah :
1. Terhambatnya buang air besar di luar kebiasaan yang normal.
2. Kesulitan buang air besar, yang ditandai dengan harus mengejan.
3. Bentuk feses kecil, kering dan keras.
4. Perut kembung dan berasa tidak enak.
5. Banyak gas terkumpul di usus dan sering kentut.
6. Diare yang sangat cair (karena hanya cairan yang bisa melewati hambatan kotoran yang keras).
Penyebab susah buang air besar secara umum adalah :
1. Kurang cairan atau serat-seratan dalam diet
2. Kurang aktivitas fisik dan latihan olahraga, sehingga menyebabkan kontraksi usus melemah yang seharusnya bisa mendorong kotoran sepanjang usus.
3. Tidak mempunyai pola buang air besar, biasanya sering mengacuhkan dorongan untuk buang air besar karena tidak mau mengganggu aktivitas kerja atau sosial.
4. Kehamilan menyebabkan tekanan pada usus
5. wasir yang membesar sehingga menghambat jalan keluar.
6. Obat-obatan tertentu seperti anti-nyeri yang mengandung opiat dan tablet besi.

Jakarta, Sembelit atau susah buang air besar bisa membuat orang tidak merasa nyaman. Namun seringkali seseorang tidak tahu apa yang membuat dirinya jadi sembeli. Ini dia beberapa hal yang dapat menyebabkan sembelit.

Terkadang sembelit datang secara mendadak atau bisa juga menjadi tanda dari penyakit serius yang dimilikinya. Meski begitu kedua kondisi ini tidak boleh diabaikan, walau kebanyakan sembelit akibat gaya hidup yang salah.

Sembelit mengacu pada sulitnya atau keras saat buang air besar. Jika seseorang buang air besar kurang dari 3 kali seminggu maka dikatakan sembelit. Masalah yang bisa timbul adalah cairan bersama dengan racun dapat diserap ke dalam aliran darah, karena itu sembelit tidak boleh diabaikan.

Umumnya sembelit terjadi ketika kontraksi otot melambat atau tidak efisien sehingga terjadi kelebihan penyerapan kembali air ke dalam usus besar. Penyebab kondisi ini bisa karena beberapa hal, seperti dikutip dari Lifemojo, Jumat (30/11/2012) yaitu:
1. Kurang olahraga
2. Pola makan yang tidak teratur, seperti kurang serat
3. Konsumsi cairan atau minum yang kurang atau dehidrasi
4. Kuat dan teratur dalam konsumsi teh serta kopi
5. Mengabaikan dorongan untuk buang air besar atau sering ditahan
6. Gangguan emosional misalnya stres dengan kehidupan
7. Penyakit seperti ada tumor, wasir, stroke
8. Adanya gangguan atau abnormalitas dari fungsi usus

Sembelit dibagi menjadi akut (perubahan mendadak dalam buang air besar), kronis (jika sembelit terjadi dalam jangka panjang) serta parah (bila orang buang air besar kurang dari 1 kali dalam seminggu).


Beberapa orang cenderung lebih rentan kena sembelit seperti pada orang yang menyukai junk food, sering bepergian (wisatawan), hamil, orang yang menjalani pengobatan kemoterapi dan pasien yang harus berbaring di tempat tidur sehingga jarang bergerak.

Sembelit bukanlah masalah medis biasa, tapi perlu ditangani dengan baik karena dapat mempengaruhi kerja normal manusia. Jika dibiarkan bisa memberikan perasaan kembung dan sakit kepala.

CARA ALAMI MENGATASI SUSAH BUANG AIR BESAR

Cara mengatasi susah buang air besar dapat dilakukan dengan cara berikut ini :
1.   Minum 6-8 gelas cairan dan 3-4 kali makanan yang mengandung serat (sayur dan buah-buahan) setiap hari.
2.   Minum obat pencahar (obat ini hanya boleh diminum beberapa hari saja, karena pemakaian jangka panjang akan melemahkan usus dan memperberat konstipasi).
3.   Bila kedua tindakan di atas gagal, konstipasi menetap atau tidak wajar, Anda sebaiknya periksa ke dokter.
Atau Anda juga bisa mencoba cara mengobati susah buang air besar secara alami, yakni dengan cara :
* Ambilah satu sendok teh kopi, beri gula secukupnya, tambahi sedikit garam, lalu seduh dengan air mendidih dan minum hangat-hangat kuku. Lakukanlah dua kali sehari pagi dan sore. Mudah-mudahan akan melancarkan masalah susah buang air besar Anda.
Cara Diet Sehat, Cepat dan Alami
PENYEBAB SEMBELIT ATAU KONSTIPASI | MENGATASI KONSTIPASI PADA IBU HAMIL
Sistem pencernaan yang tidak lancar adalah kendala bagi sebagian orang. Susah buang air besar menjadi suatu masalah yang bisa dialami dari bayi, anak-anak, orang dewasa maupun manula. Jika tidak cepat diatasi, dalam jangka panjang akan menjadi masalah kesehatan yang serius seperti wasir, ambeien, bahkan resiko terkena kanker kolon.
Untuk mengetahui cara mengatasi masalah susah buang air besar, hendaknya kita mencari tahu dulu penyebabnya. Makanan yang dikonsumsi sehari-hari, pola diet dan gaya hidup sangat berpengaruh terhadap kelancaran sistem pembuangan.
Berikut adalah penyebab sembelit pada kebanyakan orang dan cara mengatasinya:
1. Diet buruk.
Terlalu banyak mengkonsumsi makanan tinggi lemak hewani (produk dairy, daging, telur) dan berkadar gula tinggi tapi rendah serat nabati misalnya dari gandum utuh, buah dan sayuran. Beberapa sayur dan buah yang berserat tinggi antara lain:
  • Sayur: bit, sawi putih, brokoli, sawi brussel, kol, kembang kol, wortel, chick peas, jagung manis, seledri, kacang merah, bawang Bombay, kacang polong, paprika, kentang, bayam, ubi, tomat, zucchini.
  • Buah: apel, fig (buah ara), blackberry, pisang, pir, jambu biji, jeruk, kelapa muda, grapefruit, aprikot. (Catatan: kulit buah seperti apel dan pir sangat kaya akan serat, usahakan makan kedua buah ini berikut dengan kulitnya).
2. Kurang minum air putih.
Kekurangan cairan akan menyebabkan BAB kering dan keras. Penyerapan air terjadi di usus besar dan kurangnya air yang terserap ke dalam usus besar akan mengakibatkan konstipasi. Minumlah minimal 8-12 gelas air putih per harinya.
3. Kafein dan alkohol.
Kedua jenis zat ini bersifat diuretik yang menyebabkan buang air kecil lebih sering. Jika tidak diimbangi dengan minum air yang cukup maka akan terjadi hal yang sama dengan no. 2 di atas.
4. Kebiasaan BAB yang buruk.
Seringnya mengacuhkan keinginan untuk buang air besar akan menyebabkan mulainya siklus BAB yang buruk. Setelah beberapa lama sering menunda, secara psikologis tubuh akan menghentikan keinginan untuk BAB. Hal ini sering terjadi pada orang yang tidak biasa atau tidak mau menggunakan toilet umum karena alasan kebersihan dan orang yang sangat sibuk sehingga tidak sempat ke belakang. Cara mengatasinya sangat sederhana: hentikan sejenak aktivitas Anda dan untuk toilet, Anda bisa menggunakan kertas pelapis toilet seat (bisa dibeli di supermarket) dan jika perlu, gunakanlah cairan antiseptik gel (yang biasanya digunakan sebagai pembersih tangan) untuk membersihkan dudukan toilet.
5.Konsumsi obat jangka panjang.
Antara lain: antacid (obat lambung), obat anti-depresi, antispasmodic, tablet penambah darah, anticonvulsant, zat yang bersifat diuretic (kafein dan alkohol), pain killer (obat penahan sakit). Obat-obatan ini bisa menjadi penyebab sembelit, jika Anda merasa ini penyebabnya, segera konsultasikan ke dokter untuk mencari alternatif pengobatan yang lebih alami.
6. Orang yang sedang berpergian (travelling).
Perubahan cuaca, gaya hidup, perbedaan waktu setempat, ditambah dengan kurang minum air dan makan makanan cepat saji karena alasan praktis, juga bisa menyebabkan sembelit. Siapkanlah selalu cemilan sehat, berupa crackers dan buah, minumlah yang cukup, serta usahakan mengatur jam makan sesuai dengan waktu setempat, bukan waktu di mana Anda berasal. Dengan demikian, pola makan bisa kembali normal.
7. Penyalahgunaan laxative (obat pencahar).
Ketergantungan terhadap obat pencahar akan membuat usus menjadi terbiasa sehingga dosis harus ditambah. Lama kelamaan, tanpa obat ini Anda tidak akan bisa buang air besar. Cobalah cara yang lebih alami, yaitu dengan mengkonsumsi flaxseed oil (minyak bunga flax). Tidak hanya untuk mengatasi konstipasi, kandungan protein, omega-3, vitamin, mineral dan phytoesterogen-nya sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung dan mengurangi resiko kanker.
8. Konstipasi saat hamil.
Hal ini terjadi karena beratnya kandungan yang menekan usus besar sehingga pembuangan terhambat, perubahan hormon, perubahan pola makan (biasanya lebih sering dan lebih banyak). Cobalah cemilan yang lebih sehat seperti kacang-kacangan (almond, walnut, pistachio, hazelnut), buah, sayur, dan banyak minum air. Kurangi makanan yang terlalu berlemak, asin, manis dan pedas.
Jika Anda sudah mengalami masalah sembelit yang menahun dan tidak menemukan penyebabnya, segera periksa ke dokter. Bisa jadi susahnya buang air besar pada Anda adalah gejala dari penyakit lain yang lebih serius seperti kanker usus, kanker kolon, hernia abdominal, batu empedu, pemutaran/kusutnya usus (volvulus), luka di bagian usus, tumor, masalah tiroid atau keracunan timbal.
Sembelit atau susah buang air besar merupakan salah satu masalah pencernaan yang membuat perut terasa penuh dan bisa menimbulkan masalah saluran pencernaan lainnya.
Jika Anda adalah termasuk salah satu orang yang sering sulit buang air besar, silahkan coba ikuti tiga cara mudah untuk melancarkan buang air besar berikut ini.
1. Pijat perut
Memijat secara perlahan perut Anda setiap hari juga bisa membantu melancarkan buang air besar. Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk memijat perut. Lakukan pemijatan selama 15 menit setiap hari, selain melancarkan buang air besar, cara ini bisa membuat perut lebih nyaman.
2. Makan perlahan
Jika Anda termasuk orang suka makan dengan cepat dan terburu-buru sebaiknya segera ubah kebiasaan Anda. Makan dengan cepat membuat potongan-potongan makanan yang tertelan masih dalam ukuran besar.
Dengan potongan besar, proses penghancuran makanan dalam perut pun lebih sulit dan lama. Cara ini membuat Anda sulit buang air besar secara teratur. Jika buang air besar, biasanya akan terasa keras. Untuk itu, selalu kunyah makanan secara perlahan agar mudah diproses tubuh.
3. Konsumsi magnesium
Magnesium merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan fungsi saraf, menjaga daya tahan, dan juga bisa membantu melancarkan buang air besar. Hal itu karena magnesium membantu proses asimilasi dan sintesis protein dari makanan.
Untuk mendapatkan magnesium Anda bisa mengonsumsi sayuran, produk gandum, dan kacang-kacangan. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen magnesium dengan dosis 350 miligram setiap hari.
Semoga setelah mempraktekkan tiga cara mengatasi susah buang air besar diatas, sembelit dan susah buang air besar anda bisa segera normal kembali.
Penyebab Serta Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar dengan Buah Pepaya
Susah buang air besar akan membuat perut tidak nyaman. Frekuensi normal buang air besar setiap orang berbeda satu sama lain, mungkin antara tiga kali sehari ...
Obat Tradisional Alami untuk Mengatasi Susah Buang Air Besar
Susah buang air besar atau biasa disebut juga dengan nama sembelit adalah keadaan dimana terjadi keterlambatan atau kesulitan pengosongan isi perut yang terjadi akibat dari ...
Tips Cara Mencegah Sembelit & Susah BAB pada Ibu Hamil
Konstipasi atau sembelit merupakan salah satu jenis kelainan pada sistem pencernaan yang ditandai dengan gejala sakit pada bagian perut dan susah buang air besar (BAB). ...
Cara Mengatasi Sembelit ( Sulit Buang Air Besar) - Sembelit begitu menyiksa bagi mereka yang pernah merasakannya, bahkan sampai membuat lubang anus terasa sesak dan bahkan sampai berdarah. Sembelit disebabkan oleh feses (tinja) yang mengeras, dan biasanya karena terlalu lama tidak melakukan BAB. Kekurangan cairan juga salah satu penyebab anda mengalami sembelit. Wajarnya, BAB dilakukan setiap sehari sekali, jadi anda harus waspada jika belum melakukan BAB lebih dari 3 hari lantaran feses akan mengeras.


Selain bermasalah dengan organ dalam tumbuh, sembelit juga dapat membuat perut terlihat buncit dan rasa percaya diri anda berkurang

Nah, kali ini kita akan membahas Cara Alami Mengatasi Sembelit ( Sulit Buang Air Besar), mulai dari gejalanya sampai bahan dan cara alami mengatasinya. Simak tips berikut ini:

Gejala
  • Perut terasa begah, penuh dan terlihat lebih buncit dari biasanya.
  • Stres, tubuh tidak fit dan mudah cepat lelah
  • Sering buang angin dengan aroma tak sedap, ini karena tubuh sudah terlalu menyimpan kotoran dan membuat gas yang dikeluarkan beraroma tak sedap.
Penyebab
  • Pola makan yang tidak seimbang, seperti kurangnnya makanan berserat.
  • Kurangnya cairan yang menyebabkan feses mengeras.
  • Kebiasaan menunda buang air besar.
  • Usus kurang elastis
  • Kurang aktivitas gerak dan pekerjaan yang menuntut terlalu lama duduk. Hal tersebut menyebabkan usus besar kurang bekerja sehingga feses sulit turun.
  • Gangguan pada sistem pencernaan, seperti kanker dan radang dinding usus.
  • Efek samping obat tertentu seperti obat antidepresan.
Cara Mengatasi
  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung serat, seperti rumput laut dan sayur mayur.
  • Konsumsi buahan yang banyak mengandung air dan bersifat lunak, seperti pisang dan pepaya.
  • Minum air minimal 2 liter perhari, ini sangat berguna untuk membuat fesee anda menjadi lunak.
  • Biasakan buang air besar setiap hari, karena jika dibiasakan akan membuat tubuh secara alami terbiasa.
  • Hindari makan dalam porsi banyak, selain dapat membuat sembelit juga membuat sistem pencernaan tidak bekerja secara maksimal.
  • Kurangi minuman yang banyak mengandung kafein, seperti teh dan kopi.
  • Jangan duduk terlalu lama, jika terpaksa melakukkannya. Usahakan untuk berdiri dan melakukan gerak-gerak kecil setiap 2 jam sekali.
  • Olahraga, ini sangat efektif untuk mengatasi sembeli karena metobolisme tubuh akan semakin lancar.
  • Bagi anda yang mengonsumsi obat-obatan yang dapat membuat sembelit, usahakan untuk mengkonsumsi vitamin C, agar dapat menyeimbangkan keadaan tubuh.
  • Bagi bayi yang mengonsumsi susu formula biasanya juga akan mengalami sembelit. Untuk melunakkanya, usahakan untuk memberi ASI untuk bayi sampai umur 2 tahun. Sedangkan untuk umur 2 tahun keatas, berikanlah buah-buahan dan sayuran yang sudah dihaluskan menjadi bubur.

Demikian
Cara Mengatasi Sembelit ( Sulit Buang Air Besar), semoga dapat membantu untu mengatasi sembelit yang mengganggu anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar